Apa Itu Receiving Gift Beserta Contohnya

Facebook
LinkedIn
WhatsApp
Twitter
Receiving Gift

Pernahkah Anda merasa sangat senang dan dihargai ketika menerima hadiah, bahkan untuk sesuatu yang sederhana? Jika ya, mungkin saja receiving gifts adalah salah satu love language Anda.

Apa Itu Receiving Gift?

Istilah receiving gift berasal dari konsep lima love languages yang dicetuskan oleh Gary Chapman. Ini merupakan salah satu dari lima cara seseorang memberikan dan menerima cinta.

Berbeda dengan words of affirmation yang menggunakan verbal. Bagi seseorang dengan bahasa cinta receiving gifts, hadiah tidak hanya sekedar benda, tetapi ungkapan perhatian, cinta, dan pengingat bahwa mereka dihargai dan diingat.

Penerimaan hadiah tidak hanya sekedar menerima barang atau jasa, tetapi juga seringkali memiliki nilai simbolis yang mendalam. Hal ini bisa menjadi cara untuk memperkuat hubungan, menyampaikan terima kasih, atau sebagai ekspresi cinta dan persahabatan. Oleh karena itu, cara seseorang menerima hadiah seringkali menjadi penting, dimana sikap terima kasih dan apresiasi perlu ditunjukkan.

Baca juga: Mengenal Act Of Service Salah Satu Bahasa Cinta

Contoh Receiving Gift

Ada beberapa contoh receiving gift yang bisa kamu lakukan.

1. Pada Acara Ulang Tahun

Salah satu contoh paling umum dari receiving gift adalah saat seseorang menerima hadiah di hari ulang tahunnya. Hadiah ini bisa berupa barang-barang seperti pakaian, elektronik, buku, atau pengalaman seperti tiket konser atau voucher perjalanan.

2. Hadiah Pernikahan

Dalam konteks pernikahan, menerima hadiah seringkali menjadi bagian penting dari perayaan. Pasangan yang menikah biasanya menerima berbagai jenis hadiah sebagai bentuk dukungan dan ucapan selamat dari keluarga dan teman.

3. Dalam Konteks Profesional

Di lingkungan kerja, menerima hadiah dari kolega atau mitra bisnis bisa terjadi dalam berbagai kesempatan seperti promosi jabatan, pencapaian tertentu, atau saat perayaan hari raya. Namun, penting untuk memahami norma dan kebijakan perusahaan terkait penerimaan hadiah untuk menghindari konflik kepentingan.

4. Pemberian Hadiah Kepada Guru atau Mentor

Memberikan hadiah kepada guru atau mentor sebagai bentuk apresiasi atas bimbingan dan pengajaran mereka juga merupakan contoh dari receiving gift. Ini bisa berupa barang sederhana atau ucapan terima kasih dalam bentuk lain.

5. Hadiah Kepada Orang Tua

Memberikan hadiah kepada orang tua pada hari-hari spesial seperti Hari Ibu atau Hari Ayah juga merupakan bentuk penerimaan hadiah yang penting, di mana anak-anak mengungkapkan rasa terima kasih dan penghargaan mereka.

Baca juga: Awal Tahun Bersama Keluarga Besar, Kok Rasanya Berat Ya? Yuk Kelola Rasa Antisosial Mu

Mengapa menerima hadiah bisa menjadi bahasa cinta?

Menerima hadiah bagi mereka yang memiliki bahasa cinta ini:

  • Merupakan simbol bahwa mereka dipikirkan dan diperhatikan. Hadiah, meskipun sederhana, menunjukkan usaha dan pemikiran pengirimnya.
  • Memperkuat perasaan dicintai dan dihargai. Menerima hadiah membuat mereka merasa diingat dan spesial.
  • Menjadi pengingat momen-momen berharga. Hadiah seringkali dikaitkan dengan peristiwa atau pengalaman tertentu, sehingga menjadi pengingat yang istimewa.

Penting Dicatat:

  • Bukan semata tentang nilai atau harga. Bagi mereka dengan bahasa cinta ini, nilai dan harga hadiah tidak terlalu penting. Yang utama adalah ketulusan dan usaha di balik pemberian tersebut.
  • Mereka juga senang memberi hadiah. Biasanya, mereka yang memiliki bahasa cinta ini juga senang memberikan hadiah kepada orang lain sebagai ungkapan cinta mereka.
  • Tidak semua orang memiliki bahasa cinta ini. Setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam merasakan dan mengungkapkan cinta.

Tips untuk Memperkuat Hubungan dengan Seseorang yang Memiliki Bahasa Cinta Receiving Gifts:

  • Berikanlah hadiah secara rutin, tidak harus menunggu momen khusus.
  • Perhatikan hal-hal yang mereka sukai dan minati agar hadiah Anda bermakna.
  • Tidak perlu selalu mahal, yang terpenting adalah ketulusan dan usaha Anda.
  • Jangan lupa tambahkan sentuhan personal seperti kartu ucapan atau catatan kecil.
  • Yang terpenting, komunikasi adalah kunci. Tanyakan kepada mereka apa yang mereka sukai dan harapkan dalam hal menerima hadiah.

Dengan memahami dan menerapkan bahasa cinta receiving gifts, Anda dapat mempererat hubungan dengan orang-orang yang Anda sayangi.

Baca juga: Memahami Tipe Kepribadian Dari Beberapa Model

Links

Follow Us

© Copyright 2023 PraktiQu All Rights Reserved.